Renungan Minggu Ini

SENIN, 31 DESEMBER 2012 [SBU]

27.11.2012

MENUJU DUNIA BARU [Malam Akhir Tahun] Wahyu 21 : 9 27 Langit dan bumi yang ada sekarang ini akan

MINGGU, 23 DESEMBER 2012 [SBU]

YESUS, ENGKAULAH MESIAS [Renungan Pagi]

Yesaya 61 : 1 9

Israel setelah kemball darl pembuangan Babel perlu diyakinkan bahwa Allah akan memenuhi janji-Nya.Yesaya mengungkapkan ciri-ciri Mesias yang dljanjlkan Itu. Itulah sebabnya Yohanes Pembaptls pada zamannya, mengutus murid-muridnya untuk menanyakan kepada Yesus, ketika Ia mendengar apa yang dilakukan Yesus. la menyaksikan secara langsung bagaimana Roh turun dari langit seperti merpati, dan tinggal di atas-Nya (Yoh,1 :32-34).

Janji Allah digenapi oleh Tuhan Yesus Kristus sebagai Mesias. Diutus untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, merawat orang-orang yang remuk hati dan memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan yang terkurung dari penjara dosa. Di dalam Yesus-lah berita tentang pertobatan disampaikan agar rahmat Allah berlaku yaitu keselamatan dan hidup yang kekal.

Dalam Dia tahun rahmat TUHAN sudah tiba. la-pun dengan keras dan tegas menegor para imam, ahli tau rat dan orang Farisi-Saduki yang munafik itu. Mereka yang seharusnya menyadarkan umat dari dosa justru membuat banyak aturan agama yang memberatkan sehingga hidupnya semakin jauh dari Allah. Hari pembalasan Allah akan tiba, semua orang yang berkabung akan mendapat penghiburan.

Di minggu Adven yang keempat, songsonglah kedatangan Sang Mesias. Dialah pembawa damai sejahtera, bagi Israel dan juga segala bangsa, Tanpa Dia, kita tidak akan selamat, apapun usaha kita. Satukan syukur yang tak berhingga kepada-Nya,

Doa: (Ya Tuhan siapkanlah hati kami untuk menyongsong kedatanganMu)

AKU BERSUKACITA KARENA KESELAMATANKU [Renungan Malam]

Yesaya 61 : 10 - 11

Dua harl lagl klta menyambut kedatangan Tuhan Yesus, Bayi Natal, Penebus dosa manusia. Bagi orang beriman, menyambut natal penuh dengan nuansa sukacita. Hal itu nampak dalam pernak pernik -hiasan pohon natal. Anak-anak sudah dlpersiapkan pakaian natal termasuk untuk ibu dan bapak. Semuanya menggambarkan rasa sukacita asalkan jangan sekadar basa-basi atau formalitas belaka.

Umat Allah bersukacita dan bersorak-sorai sebab karya keselamatan Allah berlaku atas hidup mereka. Allah berkenan menyelamatkan dan membawa mereka dalam hidup yang dibenarkan. Hal itu digambarkan dengan pengantin laki-laki (Allah) dan pengantin perempuan (umat-Nya) dengan segal a kelengkapan perhiasannya. Keselamatan itu bukan atas kebaikan (jasa atau amal) manusia, tapi karena belas kasih Allah semata. Kebenaran Tuhan itu seperti bumi memancarkan tumbuh-tumbuhan serta bagai benih yang disemai dan tumbuh. Setiap orang yang datang, percaya dan menerima kebenaran-Nya pastilah bersukacita.

Kesukaan orang beriman dalam menyambut dan menerima kedatangan-Nya janganlah dicemari oleh perilaku yang buruk.

Minum minuman keras atau bermabuk-mabukan, karena anggapan bahwa natal adalah pesta setahun sekali. Warnailah natal dengan rasa syukur untuk setia melakukan kebenaran Tuhan. Jika Tuhan datang bagi keselamatan hidup kita, kita harus hidup sesuai kehendak-Nya.

Doa: (Ya Tuhan, jadikanlah kami umat yang hidup dalam pertobatan)

Artikel Terbaru

MINGGU ADVENT

03.12.2012

PENJELASAN TENTANG SIMBOL IBADAH SESUAI DENGAN TAHUN GEREJA ADVENT artinya 'kedatangan'. Istilah in

Event Terbaru

KECERIAAN PERAYAAN PASKAH - 8 APRIL 2012

25.04.2012

PERAYAAN PASKAH 2012 - KAMPUNG AER