Renungan Minggu Ini

SENIN, 31 DESEMBER 2012 [SBU]

27.11.2012

MENUJU DUNIA BARU [Malam Akhir Tahun] Wahyu 21 : 9 – 27 Langit dan bumi yang ada sekarang ini akan

MINGGU, 16 DESEMBER 2012 [SBU]

ALLAH MENEPATI JANJINYA [Renungan Pagi]

2 Samuel 7 : 24 – 26

Allah menclptakan setlap orang unik adanya, Tidak pernah ada seorang tokoh pun yang sama persIs jalan hidupnya dengan tokoh yang lain.

Inilah kebesaran dan kemaha-kuasaan Sang Pencipta.

Sosok Daud sangat dikagumi. Sampai saat inipun demikian sebagaimana nyata pada bendera bangsa ini (Star of David). Selalu saja rakyat merindukan munculnya kembali seorang raja, yaitu seorang "putera Daud".

Daud digambarkan sebagai seorang yang sangat beriman, taat dan setia kepada Allah. Daud memang pernah jatuh dalam dosa karena mengambil isteri panglimanya, Uria. Daud bersedia ditegur oleh nabi Natan dan mengakui dosa-dosanya serta rela menerima hukuman Allah.

Daud merencanakan mendirikan rumah bagi TUHAN tetapi TUHAN telah menetapkan Salomo yang akan mendirikannya.

Dalam doa syukurnya Daud memohon pemenuhan janji Allah agar keluarganya tetap kokoh di hadapan TUHAN (ay, 26). Allah Israel sendirilah yang akan membangun keturunan bagi Daud (ay. 27), dan memberikan perkara-perkara yang baik bagi keluarganya (ay. 28), Daud memohon berkat turun temurun atas dirinya, keluarganya bahkan keturunannya. Ribuan tahun kemudian. Yesus Kristus lahir di Betlehem (kota Daud), "Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud," (Lukas 2:11).

Di minggu Adven III ini marilah kita bersyukur karena Allah telah menggenapi janji keselamatan-Nya, Manusia dan segala ciptaan tidak lenyap oleh hukuman dosa tetapi beroleh kasih karunia.

Doa: (Ya Tuhan, tuntunlah hidup kami agar janji-Mu berlaku dalam hidup kami)

 

 

BERKAT TUHAN ATAS KELUARGA [Renungan Malam]

2 Samuel 7 : 27 – 29

Bersama keluarga membaca Firman Allah menjadi kebutuhan kami. Suatu ketika kami membaca dari 2 Samuel 7 : 24 -29. Setelah itu kami mempercakapkan maksud Firman Itu dan mencoba memahaminya bersama. Saya mengatakan,"Kita bersyukur Tuhan memberkatl Raja Daud dan Tuhan juga memberkati keluarganya. Tuhan memberkati mama, papa dan Tuhan juga memberkati…. ", sebelum saya menyelesaikannya, anak bungsu saya, Clara (8 tahun), menatap saya dan menyambung dengan kalimat, "..dan memberkati kita semua". Sayapun tersenyum dan menganggukkan kepala tanda setuju.

Betapa Allah Mahabesar.Tidak ada Allah seperti Dia. Daudpun menaikkan doa syukurnya atas apa yang nabi Natan sampaikan kepadanya. Allahlah yang telah berkenan memberkati Daud dan keluarganya dan juga Israel. Allah begitu baik, membebaskan umat-Nya dari kesengsaraan akibat perbudakan di Mesir (ay.23) dan terus menuntun umat-Nya diberbagai keadaan. Daud pun memuji kebesaran Allah. la setia kepada janji-Nya oleh karena Nama-Nya. Janji penyertaan dan berkat bagi Daud sebagai raja dan bagi keluarganya di imani Daud. Itu menjadi kekuatan memasuki masa depan yang jauh di depan. la sampaikan doa syukurnya kepada Allah. Kasih setia-Nya membawa Daud dan keluarganya berjalan di jalan berkat-Nya.

Allah begitu mengasihi kita dan keluarga kita. Perlu diwariskan pemahaman itu bagi generasi penerus. Keluarga menjadi bagian pokok dalam panggilan Allah melakukan apa yang benar dan baik dalam melayani Tuhan (I Kor 7:35). Mari bersahabat dengan Allah sebab Dia Hidup dan memberkati masa depan kita.

Doa: (Tuhan, terimakasih atas keluarga yang Tuhan beri mohon berkat-Mu atas kami sekeluarga untuk menjadi berkat bagi sesama)

Artikel Terbaru

MINGGU ADVENT

03.12.2012

PENJELASAN TENTANG SIMBOL IBADAH SESUAI DENGAN TAHUN GEREJA ADVENT artinya 'kedatangan'. Istilah in

Event Terbaru

KECERIAAN PERAYAAN PASKAH - 8 APRIL 2012

25.04.2012

PERAYAAN PASKAH 2012 - KAMPUNG AER