Renungan Minggu Ini

SENIN, 31 DESEMBER 2012 [SBU]

27.11.2012

MENUJU DUNIA BARU [Malam Akhir Tahun] Wahyu 21 : 9 – 27 Langit dan bumi yang ada sekarang ini akan

MINGGU, 2 DESEMBER 2012 [SBU]

MENYAMBUT KEDATANGAN MESIAS [Renungan Pagi]

Mikha 5 : 1 – 8

Nama Mlkha atau Mikhaya atau Mikhayahu berasal dari bahasa Ibrani yang berarti "Siapakah (yang) sarna seperti TUHAN (Yahwe)." Mikha diutus Tuhan untuk bernubuat pada saat terjadi krisis polltlk, ketlka bangsa Asyur mengancam Yerusalem dan Yehuda. Mikha menyampaikan berlta keselamatan kepada umat yang gelisah dan takut bahwa Tuhan Allah sendiri akan campur tangan membebaskan Israel dan manusia pada umumnya. Allah melaksanakan rencana-Nya dengan menghadirkan seorang raja baru, sama seperti dahulu pada waktu Daud. Bangsa Israel dihibur dengan kabar gembira bahwa ada raja yang akan tampil mengalahkan bangsa Asyur.

Sering kali kita pun masih hidup dalam tekanan dan ancaman yang datang terus menerus, entah dari lingkungan masyarakat sekitar, teror born oleh para teroris atau berbagai hambatan dari pihak penguasa ketika kita ingin membangun rumah ibadah. Di negeri yang sudah 66 tahun merdeka ini, orang-orang Kristen seolah tidak berdaya ketika terjadi pelanggaran HAM (hak asasi manusia) alas saudara-saudara seiman.

Firman Tuhan menghibur dan memberikan kepastian bahwa Allah akan melepaskan dan menyelamatkan kita. Setiap orang percaya pada zamannya dan di dalam situasinya yang konkret, dapat mengaktualisasikan nubuat nabi Mikha ini. Pembebasan dan penyelamatan Allah terjamin dalam kedatangan raja-mesianis yaitu Yesus Kristus. Mari kita masuki minggu Adven I dengan persiapan hati dan hidup kita menyambut kedatangan Yesus Kristus, Sang Pembebas umat-Nya.

Doa: (Ya Tuhan, siapkanlah hati kami untuk menyambut kedatangan-Mu)

 

TUHAN MELENYAPKAN SIMBOL KESOMBONGAN [Renungan Malam]

Mikha 5 : 9 – 14

Kerajaan Damai yang dipelopori oleh Sang Gembala dari keturunan Daud hadir ditengah-tengah persekutuan umat Tuhan dan juga bagi seluruh bangsa. Tatkala Kerajaan Damai itu terwujud semua bangsa akan datang sujud menyembah dan memuliakan Tuhan. Semua bangsa akan mengandalkan Tuhan, bukan mengandalkan kekuatan lainnya lagi. Nabi menegaskan jika saat itu terjadi Tuhan akan bertindak untuk memberantas dan melenyapkan segala kesombongan yang menyebabkan umat-Nya dan bangsa-bangsa lain tidak taat kepada Tuhan. Simbol kesombongan itu digambarkan seperti kuda dan kereta perang, kota-kota yang megah dikelilingi tembok-tembok yang kokoh sebagai benteng pertahanan, memiliki para penyihir dan peramal, memiliki patung-patung berhala.

Kerajaan Damai yang dinubuatkan nabi Mikha telah terwujud melalui kehadiran Yesus Kristus yang lahir di Betlehem dari keturunan Daud. la telah memelopori hadirnya damai ditengah-tengah dunia. Sebagai murid-murid Yesus, kita terpanggil untuk meninggalkan segala bentuk kesombongan dalam diri. Apapun yang kita miliki seharusnya tidak membuat kita angkuh dan sombong sehingga tidak lagi mengandalkan Tuhan Yesus dalam hidup kita.

Memasuki Minggu Adven yang pertama ini marilah kita mengintropeksi diri. Apabila hingga malam ini masih ada hal-hal yang menyebabkan kita angkuh baik terhadap sesama teristimewa terhadap Tuhan, mari memohon pengampunan Tuhan agar hati kita bersih dalam menyambut dan mengingat-rayakan kelahiran Sang Pembawa Damai; bahkan terus menerus terjadi sampai kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya.

Doa: (Tuhan bersihkanlah segala bentuk kesombongan dalam diriku)

Artikel Terbaru

MINGGU ADVENT

03.12.2012

PENJELASAN TENTANG SIMBOL IBADAH SESUAI DENGAN TAHUN GEREJA ADVENT artinya 'kedatangan'. Istilah in

Event Terbaru

KECERIAAN PERAYAAN PASKAH - 8 APRIL 2012

25.04.2012

PERAYAAN PASKAH 2012 - KAMPUNG AER