Renungan Minggu Ini

SENIN, 31 DESEMBER 2012 [SBU]

27.11.2012

MENUJU DUNIA BARU [Malam Akhir Tahun] Wahyu 21 : 9 – 27 Langit dan bumi yang ada sekarang ini akan

MINGGU, 18 NOVEMBER 2012 [SBU]

KEPEMIMPINAN YANG MENYERUKAN SUARA TUHAN [Renungan Pagi]

Zakharia 1 : 7 – 17

Wujud kepemimpinan secara fisik akan dianggap ‘baik’ jika kerohaniannya juga baik. Kepemimpinan yang tidak rohaniah akan terperangkap ke dalam pencarian kepentingan materialistik semata. Hal lainnya yang dapat timbul adalah kecendurang pada keutamaan untuk memenuhi kepentingan diri pribadi dengan mengorbankan kepentingan kolektif. Seruan Tuhan melalui Firman-Nya mengoreksi hidup kerohanian umat.

Penglihatan itu sama halnya dengan wujud kepemimpinan yang mengutamakan kerohanian dari pada sekedar fisik jasmani. Harapannya agar para pemimpin sadar bahwa mereka dipanggil dan diutus untuk menjelajahi bumi ciptaan Tuhan. Pada kenyataannya Tuhan selalu ramah dan penuh kasih saying kepada para pemimpin yang hendak menyerukan suara-Nya (Firman-Nya) pada waktu siang atau malam.

Para pemimpin rohani selayaknya mewujudkan kepemimpinan yang ramah dan penuh kasih saying sehingga umat Tuhan tidak mengalami ketegangan rohani yang berdampak pada ketegangan fisk jasmani. Dalam) hal inilah umat secara langsung dapat menyuarakan Suara Tuhan yang menghadirkan karamahan dan penuh kasih saying terhadap sesamanya dan lingkungan hidup yang diciptakan Tuhan. Tidak perlu bertanya: berapa lama lagi ya Tuhan murka terhadap umat-Mu?

Tuhan selalu memberi jawab ketika umat-Nya bertanya Kepada-Nya. Tuhan sendiri ramah dan penuh kasih saying atas apa yang diperbuat oleh umat-Nya bagi kemashalatan umat di bumi.

Kita dipanggil untuk mewujudkan kepemimpinan dengan menyuarakan suara Tuhan yang ramah dan penuh kasih saying denga berlandaskan pada suara Tuhan, yakni Friman-Nya.

Doa: (Bapa maha kasih, kuatkan kami untuk menjalani kehidupan yang memimpin diri sendiri dan sesama untuk menikmati berkat-Mu)

 

TUHAN KITA ADIL DALAM TINDAKANNYA [Renungan Malam]

Zakharia 1 : 18 - 21

Melalui Zakharia, disingkapkan karya besar dan dahsyat yang akan dilakukan oleh Tuhan. Karya besar dan dahsyat yang dilakukan oleh Tuhan baik bagi umat Tuhan yang sedang berada dalam pembuangan di Babel, tetapi juga bagi Kerajaan Babel maupun kerajaan-kerajaan yang menlndas Israel dan kuasa-kuasa dunia yang mencoba menghancurkan umat pilihan Allah. Israel akan menyaksikan Tuhan memulihkan dan membawa mereka kembali dari pembuangan ke Yerusalem, sementara itu Babel dan kerajaan-kerajaan yang menindas dan membuat Israel menderita akan saling mengalahkan dan menghancurkan dan karena itu mereka akan lenyap. Israel, umat Tuhan itu akan melihat bagaimana Tuhan Allah mereka melakukan karya besar dan dahsyat itu, saat la melenyapkan kerajaan-kerajaanbdan kuasa-kuasa yang pernah mengalahkan dan menindas mereka, sementara itu mereka mengalami pemulihan dari Tuhan, dikembalikan dan mendiami negeri mereka sendiri. Dan itulah yang disampaikan kepada Zakharia dalam penglihatannya.

Tuhan itu adil adanya. Itulah yang dinyatakan dalam penglihatan kedua ini. Keadilannya dinyatakan-Nya ketika la menghempaskan dan melenyapkan kuasa-kuasa duniawi yang memusuhi umat Allah.

Kuasa-kuasa yang digambarkan dengan empat tanduk, tidak saja menunjuk kepada peristiwa sejarah Israel yang pernah dikuasai oleh empat kerajaan dan penguasa besar, tetapi juga adalah gambaran tentang apapun kuasa duniawi yang mencoba menghancurkan umat Allah. Mereka akan dikalahkan oleh keadilan Allah yaitu kuasa Sorgawi yang digambarkan dengan empat tanduk yang menghempaskan tanduk bangsa-bangsa (ay.21 b). Tuhan itu adil. Kuasa-Nya tidak bisa dan tidak dapat dipermainkan oleh kuasa apapun di bawah kolong langit ini.

Tuhan kita adalah Tuhan yang sarna. Yang bertindak dalam kasih tetapi juga dalam keadilan-Nya. Dalam kasih-Nya, la menganugerahkan keselamatan, pengampunan dan damai sejahtera.

Tetapi dalam keadilan-Nya, la akan mengalahkan dan menghancurkan kuasa-kuasa duniawi, kejahatan, dosa dan apa pun yang menghancurkan kebaikan dan kebenaran. Dan itu menegaskan bagi kita, Tuhan kita, Yesus Kristus pun tidak dapat membiarkan kejahatan dan dosa mengalahkan kebenaran dan kasih. Jadi jauhilah kejahatan dan hiduplah dalam kebenaran dan kasih.

Doa: (Tuhan, tolong kami untuk mencintai juga keadilan dan kebenaran-Mu)

Artikel Terbaru

MINGGU ADVENT

03.12.2012

PENJELASAN TENTANG SIMBOL IBADAH SESUAI DENGAN TAHUN GEREJA ADVENT artinya 'kedatangan'. Istilah in

Event Terbaru

KECERIAAN PERAYAAN PASKAH - 8 APRIL 2012

25.04.2012

PERAYAAN PASKAH 2012 - KAMPUNG AER